Selasa, 23 Mei 2017

Kegiatan Survey dan Pengamatan di Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa


Pendampingan di Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia




Kelas: LE24
Dosen : Ramot Peter, S.Pd . M.Th
Hari : Selasa, 7 Maret 2017
Waktu : 11.30 - 13.15
Lokasi : Jl. Raden Saleh Raya No.62 RT/001 RW/06. Ciledug, Tangerang

Tim yang hadir :

Ketua : Martin Luter / 1901462422

Anggota :
1. Timothy // 1901462492
2. Billy Caesario Simon // 1901483963
3. Erwin Herwindo // 1901461760
4. Stephanus Jason // 1901507995

Tim yang tidak hadir : -

(Billy , Jason , Erwin , Bu Wiji , Timothy , Martin)

Pembukaan :

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa , karena pada siang hari ini kami dapat berkumpul untuk mengunjungi Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa untuk melakukan survey dan mengamati kegiatan yang ada di Panti tersebut agar kami dapat melaksanakan kegiatan sosial kami dengan baik .

Bagian isi :

Sesampainya disana, kami disambut oleh koordinator dan Pengurus Panti Asuhan yaitu Bu Wiji Purnami yang telah menunggu kedatangan kelompok kami . Kami tiba disana pada pukul 11.30 WIB. Kemudian kami langsung bertemu dengan Bu Wiji lalu menceritakan maksud dan tujuan kami .




Bu Wiji dengan senang hati menerima kelompok kami untuk melakukan aksi kegiatan sosial dan pendampingan terhadap anak-anak yang ada di panti asuhan dikarenakan menurut beliau baru ada kelompok mahasiswa Binus kami yang pertama kali melakukan kegiatan seperti ini.

Setelah mendengar hal tersebut , kami sebagai mahasiswa pun merasa senang mendengarnya dan berjanji akan melakukan serangkaian kegiatan pendampingan ini secara baik dan maksimal.

Kemudian Bu Wiji menceritakan tentang Sejarah berdirinya Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa ini yang awalnya berdiri tahun 2000 dimana ada sebuah Sinode Gereja yang telah merencanakan atau membuat misi untuk mencari , membantu dan mengumpulkan para anak-anak yang ditelantarkan oleh orangtua mereka yang tidak bertanggung jawab. Dari kejadian itu lah Bu Wiji tergerak hatinya lalu menerima panggilan Tuhan bersama Suami dan Anaknya untuk mengurus , mendidik dan mendamping anak-anak tersebut sampai mereka menjadi baik dan mempunyai masa depan yang indah

Sejauh ini sudah ada 21 anak yang ada di Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa dimana ada yang menunjang pendidikan SD , SMP , SMA , Kuliah bahkan ada juga yang sudah bekerja jadi di dalam panti asuhan ini tidak hanya anak-anak balita saja tetapi ada yang sudah dewasa juga.

Berikut Daftar Anak Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa :




Bu Wiji juga bercerita bahwa Awal mula anak-anak ini bisa masuk ke panti asuhan ini dikarenakan kebanyakan Orangtua nya itu tidak memiliki biaya kehidupan jadi mereka memutuskan untuk memasukan anaknya ke panti asuhan ini lalu ada juga yang orangtua nya kasar dan jahat sehingga ada tetangga yang melapor dan kemudian mencari jalan baik untuk memasukan anak tersebut ke panti asuhan. lalu ada juga yang latar belakang orangtua berada dan mempunyai uang tetapi tidak peduli dengan anaknya sehingga mereka dengan alasan daripada tidak di urus lebih baik anaknya dimasukan ke dalam panti asuhan  , ada yang berlatar belakang orangtua nya narapidana juga dan yang terakhir ada yang sudah tidak mempunyai orangtua atau orangtuanya sudah meninggal dunia.



Penutup :
Setelah mendengar kisah tentang Panti Asuhan Kami menetapkan bahwa Tujuan kami disini adalah untuk membantu menghibur , mendampingi para anak Panti . mengajak untuk berpartisipasi , berbaur dengan lingkungan sekitar . Dari kegiatan sosial ini , kami belajar untuk tetap bersyukur , saling peduli , perhatian , mengasihi dengan setulus cinta terhadap anak-anak yang telah ditinggalkan , dibuang maupun yang sudah tidak mempunyai orangtua.



Form Evaluasi :


Video




Tidak ada komentar:

Posting Komentar