Senin, 29 Mei 2017

Pertemuan 4

Pendampingan di Panti Asuhan Rumah Kasih Bapa dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia



Kelas: LE24

Dosen : Ramot Peter, S.Pd . M.Th
Hari : Sabtu, 15 April 2017
Waktu : 09.00-12.00
Lokasi : Jl. Raden Saleh Raya No.62 RT/001 RW/06. Ciledug, Tangerang

Tim yang hadir :

Ketua : Martin Luter / 1901462422

Anggota :
1. Timothy // 1901462492
2. Billy Caesario Simon // 1901483963
3. Erwin Herwindo // 1901461760
4. Stephanus Jason // 1901507995

Tim yang tidak hadir : -

( Jason , Timothy , Erwin , Billy , Martin )

Pembukaan :
Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pada hari Sabtu, 15 April 2017 kami diberikan kesehatan yang baik serta dapat dengan tepat waktu berkumpul di panti asuhan kasih bapa pada pukul 09:00 dengan anggota yang lengkap dan siap untuk bertemu anak-anak untuk melakukan kegiatan yang sudah kami siapkan.

Bagian isi :
Seperti biasa kami berkumpul di Panti Asuhan Kasih Bapa pada pukul 09:00. Pada pertemuan sebelumnya kami bertanya kepada anak - anak ingin bermain apa pada minggu depan. Lalu kami pun berinisiatif bermain game "Werewolf" maka pada hari itu kamu meminta anak - anak untuk duduk berlingkar agar kami dapat mudah menjelaskan tentang game "Werewolf" itu.


Pada awalnya banyak anak - anak yang bingung tentang game "Werewolf" ini. Namun lama kelamaan kami dapat menjelaskannya dengan mudah agar anak - anak dapat mengerti. Sesi penjelasan game ini berjalan kurang lebih 45 menit sambil melakukan game percobaan agar anak - anak mengerti.

Cara bermain game ini mudah, kami telah menentukan banyak karakter yang kami buat dalam kartu setiap karakter memiliki perannya masing - masing. Karakter serigala dan penduduk desa adalah karakter utama dalam game ini sedangkan karakter lain hanyalah pendukung dari game ini agar game semakin menarik. Narator berperan sebagai orang yang mengatur dalam game ini, narator akan mengatur set waktu pada game ini yaitu ada pada malam hari dan pagi hari. Serigala hanya boleh melakukan aksinya pada malam hari dan penduduk pada pagi hari penduduk desa mencari siapakah serigala tersebut.

Tujuan dari game ini yaitu mengajarkan kepada anak - anak tentang rasa kepercayaan satu sama lain, kejujuran, strategi, dan cara komunikasi yang baik antar satu dengan yang lain.





Setelah kami memainkan game "Werewolf" kami lanjut dengan Makan bersama. Kami memesan Hoka - hoka bento kepada orang - orang yang ada di panti karena ini ada pertemuan akhir kami bersama mereka. sambil makan bersama kami menanyakan kesan - kesan anak kepada kami, tanggapan - tanggapan mereka dari 4 pertemuan bersama kami. tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada anak - anak apabila kami ada kesalahan dan tata bicara yang kurang baik.





Penutup :
Setelah kami Makan bersama, kami melanjutkan dengan foto bersama. Tak lupa kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada anak - anak dan pengurus panti karena telah mengijinkan kami datang mengunjungi panti. Pengalaman ini tidak mungkin kami dapatkan cuma - cuma, banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kami pelajari dalam hidup kami. yaitu "selalu bersyukur dengan apa yang kita punyai dan selalu tersenyum menjalani hidup dengan suka dan duka".

Form Evaluasi :



Foto Bersama : 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar